Jumat, 18 Agustus 2017

Naskah Do'a Upacara HUT RI ke 72



NASKAH DO’A UPACARA HUT RI KE-72
(Kampus Hijau Kaplongan Indramayu, Kamis 17 Agustus 2017)



أعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. حمدا شاكرين حمدا ذاكرين حمدا ناعمين حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده. يا ربّنا لك الحمد ولك الشكر كما ينبغي لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك. اللهم صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين. اللهم اجعل بلدتَنا إندويسيا هذه بلدةً طيّبةً راحيةً مرحيّةً, راضيةً مرضيّةً, آمِنةً مطمئنّةً, تجري فيها أحكامُك وسنّةُ رسولِك يا حيُّ يا قيّومُ يا إلهَنا وإلهَ كلِّ شيء هذا حالُنا يا اللهُ لا يَخْفَى عليك. 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa,
Di hari yang penuh berkah ini, kami segenap Keluarga Besar Kampus Hijau Kaplongan Indramayu, bersama seluruh rakyat Indonesia di berbagai penjuru, bersimpuh di hadapan-Mu, mempersembahkan puji dan syukur atas segala karunia-Mu. Engkau adalah Tuhan Maha Pencipta, Engkaulah yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pula yang telah membebaskan kami dari cengkeraman kaki penjajah. Maka perkenankanlah kami pada hari ini, untuk kembali memperingati Hari Ulang Tahun bangsa kami, sebagai wujud rasa syukur kami atas anugerah-Mu yang amat besar, berupa nikmat kemerdekaan.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,
Jadikanlah peringatan proklamasi kemerdekaan ini sebagai momentum bagi kami, untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan dan perpecahan. Kuatkanlah tali ukhuwwah wathaniyah di antara bangsa kami, agar kami senantiasa saling menebar kedamaian, saling menjaga kerukunan, saling menampakkan sikap ramah dan kasih sayang, serta saling menopang kemajuan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Bijaksana,
Engkau telah menganugerahi bangsa kami kekayaan bumi, air, dan udara yang berlimpah. Maka sinarilah hati dan pikiran kami, agar kami dapat bertindak bijaksana dalam memanfaatkan anugerah-Mu demi kejayaan negeri. Kuatkan kaki dan tangan kami, agar mampu menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang mengancam negeri kami. Jadikan kami sebagai bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung tinggi akhlak luhur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,
Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan ini sesuai petunjuk-Mu. Segarkan ingatan kami, agar dapat mengenang dan menghargai begitu banyak nyawa yang melayang demi sebuah cita-cita kemerdekaan. Ringankan gerak langkah kami, agar dapat mengisi kemerdekaan ini dengan kekuatan iman, keluhuran akhlak, kemuliaan ilmu, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata di seluruh negeri. Mantapkan langkah kaki kami, agar dapat menapaki jalan yang benar, jalan yang Engkau ridhai, dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Maha Mengabulkan Do'a,
Ampunilah dosa kami, dosa ibu dan bapak kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, dan dosa para pendahulu kami. Terimalah setiap amal dan perjuangan para pahlawan bangsa kami, mereka adalah orang-orang mulia yang rela berkorban sebagai syuhada, lantaran kecintaan mereka terhadap negeri ini, sebagaimana diajarkan oleh para kekasih-Mu kepada mereka: “hubbul wathan minal iman”, bahwa mencintai tanah air adalah bagian dari iman. Maka muliakanlah mereka di sisi-Mu dalam kehidupan yang hakiki di alam yang abadi.


يا ربَّ كلِّ شيء بِقُدْرَتِك على كلِّ شيء اغفر لي كلَّ شيء ولا تَسْأَلْنِيْ عن كلِّ شيء ولا تُحَاسِبْنِيْ في كلّ شيء وأَعْطِنِيْ كلَّ شيء. رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ * سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عِلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar