Jumat, 20 Oktober 2017

Naskah Do'a Upacara Hari Santri Nasional 2017



NASKAH DO’A UPACARA HARI SANTRI NASIONAL 2017
(Ahad 22 Oktober 2017)

Oleh: Mohamad Kholil, S.S., M.S.I.


أعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. حمدا شاكرين حمدا ناعمين حمدا ذاكرين حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده. يا ربّنا لك الحمد ولك الشكر كما ينبغي لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك. اللهم صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين. اللهم إنا نسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت. اللهم هوّن علينا في سكرات الموت والنجاة من النار والعفو عند الحساب. اللهم اجعل بلدتَنا إندويسيا هذه بلدةً طيّبةً, راحيةً مرحيّةً, راضيةً مرضيّةً, آمِنةً مطمئنّةً, التي تجري فيها أحكامُك وسنّةُ رسولِك يا حيُّ يا قيّومُ يا إلهَنا وإلهَ كلِّ شيء هذا حالُنا يا اللهُ لا يَخْفَى عليك. 

Ya Allah, Dzat Yang Menguasai ‘Arsy dan Lauhil Mahfudz,
Di pagi yang indah dan penuh berkah, di bawah langit-Mu yang teduh dan mentari-Mu yang cerah, kami semua yang hadir di sini, bersama seluruh santri, pelajar, guru-guru, para kiai dan ulama panutan kami, serta segenap elemen bangsa di berbagai penjuru negeri, perkenankanlah kami menunduk seraya menengadah dan berdo’a di hadapan-Mu. Limpahkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami, kepada pahlawan-pahlawan kami, kepada para penggagas dan pejuang “Resolusi Jihad”, yang telah rela menjadi syuhada’ demi mempertahankan kedaulatan negara. Mereka yang berkorban demi ibu pertiwi, mereka yang berjuang agar negeri ini tetap kokoh berdiri, peluk erat dan dekaplah mereka dalam lautan rahmat dan ampunan-Mu yang tiada bertepi.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk,
Bimbinglah kami semua sebagai generasi penerus bangsa, agar dapat mewarisi negeri ini dengan sebaik-baiknya. Segarkan ingatan kami, agar kami sanggup menghargai ribuan nyawa yang melayang di medan juang, demi cita-cita membela martabat dan kedaulatan. Ringankan langkah kaki kami, agar kami dapat berjihad mencerdaskan kehidupan bangsa, dan membangun negeri ini dengan kekuatan iman, keluhuran moral, kemuliaan pengetahuan, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata di seluruh pelosok negeri.

Ya Allah, Sumber Segala Kekuatan dan Kebijaksanaan,
Anugerahkan kami kekuatan, agar kami dapat mengubah apa yang dapat kami ubah. Anugerahkan kami kesabaran, agar kami dapat menerima apa yang tidak mungkin kami sanggup mengubahnya. Tetapi anugerahkan pula kami kebijaksanaan, agar kami dapat membedakan mana yang bisa kami ubah dan mana yang tidak.     

Ya Allah, Tuhan Tempat Kami Berlindung dan Mengadu,
Hari ini, 22 Oktober, adalah peringatan Hari Santri Nasional di negeri kami, untuk mengenang kiprah dan perjuangan para ulama dan kaum santri, dalam berjuang mempertahankan eksistensi negeri ini. Oleh karenanya Ya Allah, kami semua yang berkumpul di sini sungguh-sungguh mengetuk pintu rahmat-Mu, seraya mengharap cinta-Mu dengan sepenuh rindu. Maka cintailah kami dan mereka semua dalam kehangatan kasih sayang dan ampunan-Mu. 

يا ربَّ كلِّ شيء بِقُدْرَتِك على كلِّ شيء اغفر لنا كلَّ شيء ولا تَسْأَلْنا عن كلِّ شيء ولا تُحَاسِبْنا في كلّ شيء وأَعْطِنا كلَّ شيء. رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ * سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عِلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

6 komentar: