Kamis, 10 Agustus 2017

Naskah Khutbah Jum'at: "Memupuk Ukhuwwah Wathaniyah dan Kecintaan Terhadap Tanah Air"


MEMUPUK UKHUWWAH WATHANIYAH DAN KECINTAAN TERHADAP TANAH AIR:
MERAWAT KEISLAMAN DAN KEINDONESIAAN

Oleh: Mohamad Kholil, S.S., M.S.I.

(Jum'at, 11 Agustus 2017 M / 18 Dzulqa'dah 1438 H) 




KHUTBAH I

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي جَعَلَ الْاِسْلَامَ طَرِيْقًا سَوِيًّا، وَوَعَدَ لِلْمُتَمَسِّكِيْنَ بِهِ وَيَنْهَوْنَ الْفَسَادَ مَكَانًا عَلِيًّا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.قَالَ اللهُ تَعَالَى : يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Hadirin sidang Jum’ah yang dirahmati Allah,
Segala puji dan rasa syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat kembali berkumpul di masjid ini, dalam keadaan sehat wal ‘afiat baik jasmani maupun ruhani. Dan berkumpulnya kita di masjid ini, semoga menjadi pertanda masih adanya iman dan Islam yang terpatri di dalam hati. Ini semua tentu tak lain merupakan hidayah dan ‘inayah-Nya yang juga patut kita syukuri, dengan cara senantiasa bertaqwa kepada Allah Rabbul ‘Izzati, yakni menunaikan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Sikap taqwa yang kita miliki itu sudah seharusnya kita jaga dan pelihara dengan istiqamah sehidup semati, seraya berharap semoga kelak pada saatnya kita semua mampu menutup usia dan meninggalkan dunia fana’ ini dalam keadaan husnul khatimah. Amin ya Rabbal ‘Alamin.

Jama’ah Jum’at rahimakumullah,
Dalam manhaj al-fikr al-ijtima’iy (kerangka pemikiran kemasyarakatan) yang diusung oleh Nahdhatul Ulama (NU), sebagaimana dirumuskan dalam konsep ukhuwwah nahdhiyyah, ada 3 macam ukhuwah (persaudaraan) yang senantiasa harus kita jaga dan pelihara, yaitu: pertama, ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat muslim); kedua, ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air); dan ketiga, ukhuwah basyariyah atau ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama umat manusia). Pada kesempatan khutbah ini, seiring dengan momentum menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan bangsa kita pada tanggal 17 Agustus mendatang, khathib akan menekankan pentingnya memahami ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air). Karena sebagaimana dinyatakan oleh Ketua Umum PBNU (Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA), menjaga tali ukhuwah wathaniyah ini bahkan harus lebih diprioritaskan ketimbang sebatas ukhuwah Islamiyah. Sebab, dari jalinan ukhuwwah wathaniyah inilah akan lahir kecintaan terhadap tanah air, dan dari kecintaan atas tanah air itu akan muncul upaya untuk membela eksistensi tanah air tersebut dari berbagai bentuk rongrongan dan ancaman, baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Karena tanpa memiliki tanah air, atau menjadi sebuah bangsa dan negara yang kuat dan berdaulat, akan sulit bagi kita sebagai umat untuk dapat mengamalkan ajaran agama secara damai dan aman. Atau dengan kata lain, untuk memelihara iman itu dibutuhkan rasa aman.

Terkait makna tanah air atau yang dalam bahasa Arab disebut “al-wathan”, Syaikh Syarief Ali bin Muhammad bin Ali al-Jurjani, dalam kitabnya At-Ta’rifat, ia menjelaskan makna “al-wathan” sebagai berikut:
الوطن هو مولد الرجل والبلد الذي هو فيه
“Tanah air adalah tempat kelahiran seseorang dan negeri di mana ia tinggal di dalamnya”. (Lihat: Ali bin Muhammad bin Ali Al-Jurjani, At-Ta`rifat, Beirut, Darul Kitab Al-‘Arabi, cet ke-1, 1405 H, halaman 327).

Jama’ah sekalian yang dirahmati Allah,
Dalam perjalanan sejarah awal dakwah Islam, pentingnya tanah air ini dapat kita pahami misalnya dari kisah perjalanan hijrah Nabi. Peristiwa hijrah sesungguhnya menyiratkan harapan Nabi untuk memiliki tanah air atau tempat tinggal yang aman dan berdaulat, sehingga ajaran dan dakwah Islam akan dapat berkembang dengan baik. Dalam riwayat lain, Nabi pun pernah mengungkapkan rasa cintanya pada tanah kelahiran beliau, Mekkah. Hal ini bisa kita ketahui dari riwayat Imam Ibnu Hibban yang bersumber dari penuturan Abdullah Ibnu Abbas RA, bahwa Nabi pernah bersabda:
مَا أَطْيَبَكِ مِنْ بَلْدَةٍ وأَحَبَّكِ إِلَيَّ, وَلَوْلاَ أَنَّ قَوْمِيْ أَخْرَجُوْنِيْ مِنْكِ مَا سَكَنْتُ غَيْرَكِ
“Alangkah baiknya engkau (wahai Mekkah) sebagai sebuah negeri, dan engkau merupakan negeri yang aku cintai. Seandainya kaumku tidak mengusirku darimu, niscaya aku tidak akan tinggal di negeri selainmu”.

Demikian pentingnya tanah air ini, dalam pepatah Arab dikatakan:
من ليس له أرض ليس له تاريخ, ومن ليس له تاريخ ليس له ذاكرة.
"Barang siapa tidak memiliki tanah air, ia tidak memiliki sejarah. Dan barang siapa yang tidak memiliki sejarah, maka ia akan terlupakan.” Dalam pepatah Arab yang lain juga dikatakan:
لو ضاع منك الذهب, في سوق الذهب تلقاه. لو ضاع منك الحبيب, يمكن في سنة أو سنتين تنساه. لكن لو ضاع منك الوطن, آه يا وطن وينك تلقاه.
“Jika engkau kehilangan emas, di pasar emas kan kau dapatkan gantinya. Jika engkau kehilangan kekasih, mungkin setahun – dua tahun kau bisa melupakannya. Namun jika engkau kehilangan tanah air, maka dari mana kau kan temukan gantinya?!”.

Jama’ah jum’at hadaniyallahu wa iyyakum,
Maka, adalah fenomena yang memprihatinkan, apabila hingga saat ini di kalangan sebagian kelompok keagamaan masih kerap muncul pandangan yang mempertentangkan antara kecintaan terhadap tanah air atau sikap nasionalisme dengan agama. Bahkan, tak jarang sebagian dari mereka secara terang-terangan menolak nasionalisme dan menganggapnya bukan bagian dari ajaran agama. Padahal, Hadratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ari beserta para ulama dan kiai lain yang tak diragukan lagi keluasan dan kedalaman ilmunya, telah sejak lama, sejak masa-masa perjuangan merebut kemerdekaan, menggelorakan semangat kecintaan terhadap tanah air melalui satu ungkapan yang sangat fenomenal: “hubbul wathan minal iman”, bahwa mencintai tanah air adalah bagian dari iman, sehingga karenanya bangsa kita dapat merebut dan mempertahankan kemerdekaannya hingga sekarang.

Dalam hal ini kita juga patut merenungkan, bagaimana kondisi bangsa-bangsa lain di dunia yang meski mayoritas penduduknya adalah umat muslim tetapi justru tak pernah sepi dari konflik dan peperangan antar sesama mereka. Contoh nyata yang dapat kita saksikan, misalnya: Afganistan, Somalia, Irak, Suriah dan Yaman. Konflik berkepanjangan dan perang yang tak berkesudahan di negeri-negeri berpenduduk muslim tersebut telah menunjukkan kenyataan kepada kita, betapa aspek kesamaan agama, pun agama dijadikan sebagai ideologi formal negara, belum tentu mampu menyatukan masyarakat dalam kehidupan yang damai dan harmonis, apabila agama hanya dipahami secara sempit, literalistik atau tekstual, kaku dan radikal sebagaimana yang dikembangkan oleh kelompok-kelompok garis keras yang menyukai teror dan kekerasan. 

Hadirin jama’ah jum’at yang dirahmati Allah,
Kita patut bersyukur, bahwa wajah Islam yang tumbuh di negeri yang kita cintai ini berkebalikan dengan apa yang digambarkan di atas. Karena memang sejak awal Islam masuk dan disebarkan di wilayah Nusantara oleh Wali Songo dan kemudian dilanjutkan oleh para kiai pesantren, tidak pernah secara frontal mempertentangkan antara doktrin ajaran Islam dengan nilai luhur budaya bangsa atau kearifan dan tradisi lokal yang sudah ada. Dakwah Islam yang dilakukan oleh Wali Songo dan para penerusnya itu, ditempuh melalui pendekatan budaya yang ramah dengan menampilkan keteladanan dan akhlak luhur. Karena mereka sangat menyadari bahwa keberhasilan dakwah haruslah ditopang oleh kondisi tanah air dan kehidupan masyarakat yang damai dan kondusif. Oleh karenanya, para penyebar Islam itu selain dikenal sebagai ulama yang sangat mumpuni, mereka juga seorang pelestari budaya sekaligus pakar-pakar pendidikan yang sangat piawai. Mereka lebih memprioritaskan aspek substansi atau ruh ajaran Islam dibanding kemasan, label, atau jargon-jargon yang belum tentu sesuai dengan konteks dan essensinya, sebagaimana yang kerap dikembangkan oleh kelompok-kelompok ekstremis radikal. Maka tidak aneh misalnya, nama-nama pesantren tertua yang kita kenal pun adalah justru karena penyematan nama dusun atau daerah di mana pesantren itu berada, seperti Pesantren Tebuireng, Pesantren Krapyak, Pesantren Termas, Pesantren Langitan, Pesantren Buntet, Pesantren Lirboyo, Pesantren Suryalaya, Pesantren Cipasung, dan sebagainya. Itu adalah simbol betapa para kiai pesantren sangat memahami, bahwa upaya mengembangkan dakwah Islam melalui lembaga pesantren harus pula mempertimbangkan dan menghargai aspek kesejarahan dan lokalitas di mana pesantren itu berada.

Jama’ah sekalian yang dirahmati Allah,
Semua uraian di atas menegaskan kepada kita, bahwa pemahaman keislaman dan keindonesiaan harus kita pahami secara selaras dalam kerangka ukhuwwah wathaniyah, yakni menjaga tali persaudaraan dan keharmonisan di tanah air meski di tengah banyaknya perbedaan. Karena perbedaan adalah sunnatullah dan bukan merupakan sesuatu yang terlarang, tetapi yang dilarang adalah pertikaian dan permusuhan. Dengan bekal pemahaman seperti itulah ajaran Islam akan benar-benar mewujud menjadi rahmat bagi seluruh alam, dan tanah air yang kita cintai ini pun tentunya diharapkan akan terus damai dan sentosa, menjadi negeri yang senantiasa aman dan masyarakatnya penuh iman, sebagaimana diistilahkan oleh al-Qur’an: baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.  

Kemudian yang terakhir, sebagai penutup khutbah pada siang hari ini, sebagai bangsa yang besar, ada 2 (dua) hal yang harus selalu kita ingat, sebagaimana disimbolkan dalam 2 kata JAS, yaitu: JAS MERAH dan JAS HIJAU. JAS MERAH artinya “JAngan Sekali-kali MElupakan SejaRAH”, dan JAS HIJAU artinya “JAngan Sekali-kali HIlangkan JAsa Ulama”. [ ] Demikian khutbah ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian.            

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. أدع إلى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتي هي أحسن... وقال تعالى: ومآ أرسلناك إلا رحمة للعالمين.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ, وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.



 KHUTBAH II
الحمد لله الذي أَكرَمَنا بِدِين الحقّ المبين، وأَفضَلَنا بِشريعة النّبي الكريم، أشهد أن لا اله إلاّ اللهُ وحده لا شريك له الملِكُ الحقُّ المبين، وأشهد أنّ سيّدَنا ونبيَّنا محمدا عبدُه و رسولُه سيّدُالأنبياء والمرسلين، اللهم صلّ وسلّم وبارك على نبيِّنا محمد وعلى اله وصحبه والتابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين، أما بعد: فيأيّها الناس اتّقوا الله، وافعلوا الخيرات واجتنبوا عن السيئات، واعلموا أنَّ الله أمَركم بأمرٍ بدأ فيه بنفسه وثـنّى بملآئكته بقدسه, وقال تعالى: إنَّ الله وملآئكته يصلّون على النبى يآأيها الذين آمنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما. اللهمّ صلّ على سيدنا محمد وعلى أنبيآئك ورُسُلِك وملآئكتِك المقرّبين, وارضَ اللهمّ عن الخلفاء الراشدين أبي بكر وعمر وعثمان وعليّ وعن بقيّة الصحابة والتابعين وتابعي التابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين, وارض عنّا معهم برحمتك ياأرحم الراحمين.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوات. اللَّهُمَّ اجْعَلْ جَمْعَنَا هَذَا جَمْعًا مَرْحُوْمًا، وَاجْعَلْ تَفَرُّقَنَا مِنْ بَعْدِهِ تَفَرُّقًا مَعْصُوْمًا، وَلا تَدَعْ فِيْنَا وَلا مَعَنَا شَقِيًّا وَلا مَحْرُوْمًا. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَ كُلاًّ مِنَّا لِسَانًا صَادِقًا ذَاكِرًا، وَقَلْبًا خَاشِعًا مُنِيْبًا، وَعَمَلاً صَالِحًا زَاكِيًا، وَعِلْمًا نَافِعًا رَافِعًا، وَإِيْمَانًا رَاسِخًا ثَابِتًا، وَيَقِيْنًا صَادِقًا خَالِصًا، وَرِزْقًا حَلاَلاً طَيِّبًا وَاسِعًا، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِاْلإِيمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَحِيمٌ. ربّنا آتنا في الدّنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النّار. والحمد لله رب العالمين. عبادالله، إنّ الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلّكم تذكّرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم ولذكرالله اكبر.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar